Powered by Blogger.

Cara Membuat Partisi Harddisk

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat partisi harddisk dengan mudah dan anda tidak perlu menggunakan software tambahan bahkan tidak perlu menggunakan boot dengan cd. Harddisk merupakan media penyimpanan yang sangat diperlukan pada sebuah komputer maupun laptop untuk menyimpan file-file besar ataupun kecil. Untuk itu perlu adanya manajemaen harddisk yang tepat agar file-file tersebut dapat tersusun dengan rapi. Berikut saya akan mencoba membantu anda untuk menambahkan sebuah partisi baru pada harddisk, agar anda bisa menyimpan data/file penting anda pada partisi harddsik yang baru tersebut.

1. Langkah pertama, pilih menu "Windows" pada desktop lalu klik kanan pada "Computer", selanjutnya pilih "Manage".
2. Jika telah masuk pada layer "Manage", lihat widget yang disebelah kiri dan pilih "Disk Management".

3. Lihat pada partisi harddsik anda, dan klik kanan pada partisi yang ingin anda kurangi kapasitas volumenya, kemudian pilih "Shrink Volume". dimana Shrink Volume berfungsi untuk memberikan sebagian volume partisi untuk dibuat sebuah partisi yang baru.
4. Pada tab yang sudah saya tandai pada gambar dibawah untuk menentukan besar volume yang akan diberikan, selanjutnya pilih Shrink.
5. Jika telah selesai maka partisi berhasil dibuat, tetapi partisi tersebut belum dapat digunakan karena belum melakukan proses format.
6. Berikut cara melakukan format pada partisi yang baru saja dibuat tadi. Klik kanan pada partisi baru tersebut lalu pilih "New Simple Volume".
7. Langkah terakhir pilih saja Next pada langkah "New Simple Volume Wizard". Selanjutnya, tunggu proses formatting selesai, lalu Partisi sudah dapat digunakan. Jika anda buka MyComputer maka akan tampil partisi baru yang telah dibuat tadi.

Demikianlah cara membuat partisi baru melalui Disk Management, semoga bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Post a Comment