Powered by Blogger.

Pengertian dan Kegunaan Spreedsheet ...

Pengertian Spreessheet :

Spreadsheet adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan simulasi kertas lembar kerja. Namun umumnya digunakan untuk mengolah data untuk dapat melakukan representasi data yang lebih baik, menghasilkan data baru, atau juga membuat database. Suatu aplikasi spreadsheet umumnya menampilkan sel-sel yang membentuk grid (garis-garis vertikal dan horizontal) yang terdiri dari row (baris)dan column (kolom). Tiap sel dapat berisi value yang berupa data teks atau data numerik.
Dalam satu sel, dapat pula berisi formula yang menyatakan fungsi penghitungan untuk menampilkan isi sel tersebut. Karena kegunaan-kegunaan tersebut, spreadsheet merupakan salah satu aplikasi penting untuk kebutuhan finansial dan statistika, termasuk untuk mengolah data-data hasil percobaan atau riset.
Dalam perkuliahan, spreadsheet hampir selalu menjadi aplikasi penting kedua setelah word processing terutama saat digunakan untuk mengolah data praktikum untuk kebutuhan pembuatan laporan. Selain sekedar menampilkan data dalam bentuk tabel, spreadsheet dibutuhkan juga untuk mempemudah penghitungan pengolahan data dan menampilkan data dalam grafik.



Kegunaan Spreedsheet :

OpenOffice, sebuah paket aplikasi gratis dari Sun Microsystems untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran. Belakangan ini mulai populer digunakan oleh berbagai kalangan. Sesuai dengan namanya “Open” atau yang berarti terbuka, aplikasi ini memberikan sebuah fasilitas yang sangat menarik yaitu selain gratis kode pemrograman paket aplikasi ini dapat di download, dibaca, dimodifikasi, bahkan dijual lagi.
Dari sisi tampilan ataupun cara kerjanya, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office 2003. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membaca dan menulis file Microsoft Office. Jadi jangan khawatir jika anda mendapatkan file dengan format Microsost Office aplikasi ini masih dapat menghandlenya.
Meskipun OpenOffice merupakan aplikasi gratisan namun dari sisi kemampuan aplikasi ini cukup mumpuni untuk menggantikan eksistensi Microsoft Office yang notabene sudah cukup berpengalaman dalam dunia aplikasi perkantoran. Fitur yang dimiliki juga sudah cukup lengkap, misalkan kemampuan untuk scripting, create PDF, dan membuat database yang bisa dikoneksikan dengan MySQL.

0 komentar:

Post a Comment